Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang. Gelar Kegiatan Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing Skripsi Program S-1.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang. Gelar Kegiatan Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing Skripsi Program S-1.

Palembang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas PGRI Palembang menggelar kegiatan penyamaan persepsi dosen pembimbing skripsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini digelar di Ruang Workshop Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rabu (24/03/2021)

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan penulisan skripsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas PGRI Palembang yang sebelumnya telah digelar tanggal 16 Januari 2021.

Kegiatan ini semula direncanakan dilakukan secara virtual, mengingat pentingnya penyegaran dan penyamaan persepsi maka dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Semua peserta diwajibkan menggunakan masker, sebelum memasuki ruangan para peserta juga diwajibkan untuk mencuci tangan dan diukur suhu tubuh.

Rektor universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.  menjelaskan, perguruan tinggi yang dipimpinnya terus berupaya menjaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Sumatera Selatan (Sumsel). Menurut Rektor, Universitas PGRI Palembang telah melakukan langkah strategis berbagai aspek mulai dari kelembagaan, pengembangan kampus yang berbasis cyber university, sarana maupun prasarana, kurikulum, sumber daya manusia, serta riset, dan inovasi.Langkah itu bertujuan menjadikan Universitas PGRI Palembang unggul, berdaya saing, dan berkarakter dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berbasis mutu. “Saat ini teknologi informasi yang digunakan Universitas PGRI Palembang terbaik di wilayah Sumatera Selatan bahkan sudah dicontoh oleh universitas lain,” ungkap Bukman.

Plt. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  Edduar Hendri, S.E., M.M. Didampingi Ketua Pantia Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas PGRI Palembang, Mursalin, S.E., M.M. mengatakan, kegiatan ini dibagi dua sesi. Untuk sesi pertama dilaksanakan pada Rabu (24/03/2021) Sedangkan sesi kedua dilaksanakan pada Kamis (25/03/2021) dengan diikuti oleh 31 dosen pembimbing yang terdiri dari 20 Orang Prodi Manajemen dan 11 Orang Prodi Akuntansi.

Edduar Hendri, menjelaskan kegiatan ini rutin dilakukan setiap pergantian tahun akademik karena buku panduan skripsi tiap tahun direvisi menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan saat ini. Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dosen pembimbing skripsi sesuai dengan gaya selingkung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang.

“Dosen pembimbing skripsi di lingkungan Universitas PGRI Palembang merupakan alumni dari berbagai perguruan tinggi, Untuk itu disamakan dahulu persepsinya untuk dapat mengikuti selingkung yang sudah ditetapkan mulai dari tata cara penulisan hingga pola penyusunan agar dapat  karya ilmiah yang bermutu,” ungkap Edduar Hendri.

Mursalin menambahkan tujuan lain kegiatan penyegaran dan penyamaan persepsi ini, untuk memotivasi dosen pembimbing skripsi dalam meningkatkan sitasi dosen dengan mengarahkan mahasiswa mensitasi karya ilmiah dosen.

Tujuan lainnya untuk meningkatkan kreativitas dosen yang biasanya dosen hanya membimbing tugas akhir mahasiswa tetapi didorong untuk mengembangkan tugas akhir mahasiswa agar dapat menjadi karya yang lebih baik lagi.

“Melalui kegiatan penyegaran dan penyamaan persepsi ini kami mengajak dosen pembimbing mengetahui tentang metodologi agar dapat mengembangkan karya mahasiswa untuk melakukan penelitian lebih lanjut menjadi karya dosen yang dapat di-publish di jurnal internasional. Jadi pohonnya karya dosen dan anaknya dari karya mahasiswa,” Ungkap Mursalin.

Kegiatan penyegaran dan penyamaan persepsi dosen pembimbing skripsi ini sangat bermanfaat untuk para dosen pembimbing. Seperti yang dirasakan oleh dosen Prodi Akuntansi Nurmala, S.E., M.M. Ia menilai kegiatan ini sangat membantu dosen dalam menentukan arah untuk membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Selain itu, dapat menambah ilmu untuk dosen tentang cara penyusunan skripsi yang baik dan benar. “Saya berharap kegiatan seperti ini akan terus dan rutin dilakukan untuk menambah wawasan dosen pembimbing” harapnya.

Tinggalkan Balasan